Header Ads

test

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN (WEBSAITE, JARINGAN,SISTEM)

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1              Implementasi Sistem
Tahap implementasi pada sebuah sistem informasi merupakan tahap dimana sistem yang telah dirancang pada tahap sebelumnya diterapkan, berupa perangkat lunak maupun perangkat keras yang digunakan. Dengan penerapan sistem yang dirancang, hasilnya dapat dioperasikan dan digunakan secara optimal sesuai kebutuhan.
            Sistem Informasi Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas ini sengaja dirancang dan dibuat sebagai salah satu alternatif serta sebagai satu jalan untuk memberikan pelayanan informasi yang lebih baik kepada masyarakat. Dimana masyarakat dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan dari Pemerintah Kabupaten Musi Rawas.
            Sistem Informasi Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas, tersaji dalam rangkaian sistem berbentuk halaman web yang dirancang semenarik mungkin dengan menggunakan Adobe Dreamweaver cs6.

4.2  Tujuan Implementasi Sistem
Adapun tujuan-tujuan dari implementasi sistem, yaitu :
  1. Memastikan bahwa pemakai dapat mengoperasikan dengan mudah terhadap sistem yang baru dan mendapat informasi yang baik dan jelas.
  2. Memperhitungkan bahwa sistem telah memenuhi permintaan pemakai yaitu dengan menguji sistem secara menyeluruh.
  3. Memastikan bahwa sistem telah berjalan dengan mengontrol dan melakukan instalasi secara benar.
  4. Menyelesaikan rancangan sistem yang ada dalam dokumen sistem yang baru atau yang telah disetujui.
  5. Mengkaji rangkaian sistem baik dari segi software maupun hardware sebagai sarana pengolah data dan penyaji informasi.

4.3.            Tampilan Website
            Menu merupakan satu kesatuan sistem yang berintegrasi dalam satu bentuk tampilan yang interaktif dengan fungsi sebagai interface agar sistem tersebut mampu bersifat ramah terhadap pengguna (User Frendly). Pada gambar berikut ditampilkan layar halaman utama Sistem Informasi Pemerintahan Kabupaten Musi Rawas yang didalamnya terdapat beberapa sub menu yaitu antara lain :
4.3.1.      Tampilan Home
Home atau menu utama merupakan halaman yang pertama kali tampil atau muncul saat mengakses halaman website Objek Wisata Kabupaten Musi Rawas Berbasis Web. Tampilannya dapat dilihat di bawah ini :


 Gambar 4.1 Tampilan Home
4.3.2.      Menu Profil
Pada menu ini ditampilkan Sub Menu Sejarah, Visi & Misi, Lambang yang antara lain sebagai berikut :
a.                   Tampilan Sub Menu Sejarah
Pada Menu ini ditampilkan halaman tentang sejarah Kabupaten Musi Rawas. Jadi masyarakat atau orang yang mengakses halaman website ini akan melihat secara jelas sejarah Kabupaten Musi Rawas. Tampilannya dapat dilihat dibawah ini :
 Gambar 4.2 Tampilan Sejarah
b.                  Tampilan Sub Menu Visi & Misi
            Pada Menu ini ditampilkan halaman Visi dan Misi Kabupaten Musi Rawas 2015-2019. Jadi masyarakat atau orang yang mengakses halaman website ini akan melihat Visi dan Misi Kabupaten Musi Rawas. Tampilannya dapat dilihat dibawah ini :
 Gambar 4.3 Tampilan Visi dan Misi
c.                   Tampilan Sub Menu Lambang
            Pada Menu ini ditampilkan halaman Falsafah Lambang Kabupaten Musi Rawas. Jadi masyarakat atau orang yang mengakses halaman website ini akan melihat arti lambang dari  Kabupaten Musi Rawas. Tampilannya dapat dilihat dibawah ini :
 Gambar 4.4 Tampilan Lambang
4.3.3.      Menu Pemerintahan
Pada menu ini ditampilkan Sub Menu Pejabat Pemerintah Kabupaten dan Wilayah yang antara lain sebagai berikut :
a.                  Tampilan Sub Menu Pejabat Pemerintah Kabupaten
Pada Menu ini ditampilkan halaman Pimpinan Daerah seperti Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Staf Ahli dan Asisten Pemerintah. Sedangkan di side sebelah kiri juga terdapat menu Dinas Daerah dan Lembaga Teknik Daerah. Jadi Masyarakat atau orang yang masuk ke halaman website ini akan melihat siapa Pimpinan Daerah saat ini serta akan melihat Dinas dan Lembaga Teknik Daerah yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Tampilannya seperti dibawah ini :
 Gambar 4.5 Tampilan Pejabat Pemerintah Kabupaten
b.     Tampilan Sub Menu Wilayah
Pada Menu ini ditampilkan halaman Wilayah Kabupaten Musi Rawas beserta peta wilayah kabupaten. Sedangkan di side sebelah kiri juga terdapat list menu Kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Jadi Masyarakat atau orang yang masuk ke halaman website ini akan melihat dan lebih tahu wilayah kabupaten dan kecamatan di Kabupaten Musi Rawas. Tampilannya seperti dibawah ini :
Gambar 4.6 Tampilan Wilayah
4.3.4.      Tampilan Menu Pariwisata
Pada Menu ini ditampilkan halaman tentang Pariwisata yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Sehingga masyarakat atau orang yang mengakses halaman website ini akan melihat wisata apa saja yang ada di Kabupaten Musi Rawas secara rinci. Tampilannya dapat dilihat dibawah ini :   Gambar 4.7 Tampilan Pariwisata
4.3.5.      Tampilan Menu Berita
Pada Menu ini ditampilkan halaman tentang berita-berita seputar keadaan atau yang sedang terjadi di Kabupaten Musi Rawas. Saat masyarakat atau orang mengakses halaman website ini, akan melihat berita seputar keadaan atau apa saja yang sedang terjadi di Kabupaten Musi Rawas saat itu juga. Tampilannya dapat dilihat dibawah ini :
Gambar 4.8 Tampilan Berita
4.3.6.      Tampilan Menu Galeri
Pada Menu ini ditampilkan halaman tentang foto-foto atau galeri kegiatan yang dilakukan masyarakat atau Pemerintah Kabupaten Musi Rawas. Pada saat masyarakat atau orang mengakses halaman website ini, masyarakat akan melihat foto-foto atau galeri tersebut. Tampilannya dapat dilihat dibawah ini :
Gambar 4.9 Tampilan Galeri
4.3.7.      Tampilan Menu Saran dan Kritik
Pada Menu ini ditampilkan halaman tentang saran dan kritik masyarakat yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Musi Rawas sebagai baham masukan atau sebagai wadah komunikasi antara masyarakat dan pemerintah itu sendiri. Pada saat masyarakat atau orang mengakses halaman website ini, masyarakat akan melihat form untuk meninggalkan saran dan kritik yang ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Musi rawas. Tampilannya dapat dilihat dibawah ini :
 Gambar 4.10 Tampilan Saran dan Kritik
4.3.8.      Tampilan Login Admin
Tampilan ini berada pada side sebelah kanan pada setiap halaman website yang hanya diakses oleh admin website. Tampilan ini juga berisikan form username dan password yang hanya bisa diisi oleh admin. Saat admin mengisi dengan benar maka tampilan akan masuk ke halaman website admin, sedangkan jikan admin salah memasukkan username atau password, maka tampilan akan kembali ke tampilan utama website. Tampilannya dapat dilihat dibawah ini :
 Gambar 4.11 Tampilan Login Admin
4.3  Pengujian Sistem
4.3.1   Pengujian Black Box
Pengujian Black Box adalah dimana program dianggap sebagai suatu kotak hitam dimana program test case berbasiskan spesifikasi. Test planning dapat dimulai sejak awal proses pengembangan sistem, Pengujian Black Box berusaha menemukan fungsi-fungsi yang tidak benar atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database eksternal, kesalahan kinerja, inisialisasi dan kesalahan terminasi.
Jumlah test case tambahan yang harus di desain untuk mencapai pengujian yang dapat dipertanggungjawabkan dan Test case yang memberi tahu kesalahan yang berhubungan hanya dengan pengujian spesifik. Berikut adalah hasil pengujian Black Box yang dilakukan penulis.
Tabel 4.1 Hasil Pengujian Black Box
No
Input
Output
Hasil
Pengujian
1.
Klik Menu Home
Menampilkan Halaman Utama Website Pemerintah Kabupaten Musi Rawas saat pertama kali di akses
Sesuai
2.
Klik Menu Profil
Menampilkan Sub Menu yang terdiri dari Sub Menu Sejarah, Visi dan Misi, serta Lambang
Sesuai
3.
Klik Sub Menu Sejarah
Menampilkan Halaman Website Sejarah Kabupaten Musi Rawas
Sesuai
4.
Klik Sub Menu Visi dan Misi
Menampilkan Halaman Website Visi dan Misi Kabupaten Musi Rawas 2011-2015
Sesuai
5.
Klik Sub Menu Lambang
Menampilkan Halaman Website Falsafah Lambang Kabupaten Musi Rawas
Sesuai
6.
Klik Menu Pemerintahan
Menampilkan Sub Menu Pejabat Pemerintah Kabupaten dan Wilayah Kabupaten Musi Rawas
Sesuai
7.
Klik Sub Menu Pejabat Pemerintah Kabupaten
Menampilkan Halaman Website Pimpinan Daerah seperti Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Staf Ahli Pemerintah dan Asisten Pemerintah Kabupaten
Sesuai
8.
Klik Sub Menu Wilayah
Menampilkan Halaman Website Wilayah Kabupaten beserta Peta Kabupaten
Sesuai
9.
Klik Menu Pariwisata
Menampilkan Halaman Website Pariwisata yang ada di Kabupaten Musi Rawas
Sesuai
10.
Klik Menu Berita
Menampilkan Halaman Website tentang berbagai berita seputar keadaan atau yang sedang terjadi di Kabupaten Musi Rawas
Sesuai
11.
Klik Menu Galeri
Menampilkan Halaman Website tentang foto-foto atau galeri kegiatan yang dilakukan masyarakat atau pemerintah
Sesuai
12.
Klik Menu Saran dan Kritik
Menampilkan Halaman Website yang berisi form saran dan kritik masyarakat yang ditujukan untuk pemerintah kabupaten, serta menampilkan saran dan kritik yang sudah dikirim
Sesuai
13.
Form Login Admin
Form ini terletak di side sebelah kanan website yang digunakan untuk mengakses Halaman Utama Admin.
Sesuai




http://mhasybiizzadin.blogspot.co.id/?zx=42d87bb132a257ab


No comments