Header Ads

test

contoh abstrak penelitian





ABSTRAK


       NOVITA SARI, NIM 211 332 7919. 2016. EFEKTIVITAS BIMBINGAN ROHANI ISLAM PADA NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II A KOTA BENGKULU.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana efektivitas bimbingan rohani pada narapidana anak di lembaga pemasyarakatan kelas II A Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan keutuhan suatu kasus dengan jelas dengan menjelaskan keadaan sebenarnya. Adapun informasi yang diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan beberapa literature sebagai bahan rujukan.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pelaksanaan bimbingan rohani Islam bagi narapidana anak di LAPAS Kelas II A Kota Bengkulu berjalan kurang baik sehingga menjadi tidak efektif, hal ini di tunjukkan dengan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan jadwalnya yang monoton, dan materinya kurang menarik minat narapidana anak dan juga tidak memiliki kurikulum, standar atau pedoman, hanya disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan dari Lembaga Pemasyarakatan itu sendiri dimana LAPAS membantu narapidanan anak untuk dapat menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat.
Kendala yang di hadapi oleh LAPAS dalam upaya memberikan bimbingan rohani Islam masih cukup banyak, seperti dari kurangnya sumberdaya manusia, materi dan metode bimbingan yang tidak memiliki kurikulum ataupun pedoman, serta sarana dan prasarana yang masih kurang. Namun itu semua tertutupi dengan semangat dari kedua belah pihak baik petugas maupun narapidana anak untuk saling berbagi ilmu dan membantu.
iv
 
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan.

Kata kunci : Bimbingan, rohani Islam,  narapidana, dan  anak

No comments